Beranda » Memahami Bahasa Al-Quran » Arti kata Rahmant dalam Al-Quran

Arti kata Rahmant dalam Al-Quran

T Diposting oleh pada 24 April 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 204 kali

بسم الله الرحمن الرحيم

Apakah arti kata rahmat dalam al quran?

Pada dasarnya rahmat (kasih sayang) itu berasal dari Tuhan Maha Pengasih Penyayang (al-Rahmân al-Rahim). Allah swt adalah sumber rahmat (kasih sayang) yang tersebar di alam semesta ini. Allah swt mewajibkan bagi diri-Nya sendiri sifat rahmat.

قُلْ لِمَنْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ قُلْ لِلَّهِ ۚ كَتَبَ عَلَىٰ نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۚ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi”. Katakanlah: “Kepunyaan Allah”. Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang meragukan dirinya mereka tidak beriman . (Q.S al-An’am : 12)

Rahmat adalah kasih sayang sang pencipta untuk seluruh alam, kasih sayang yang tiada terkira besarnya, tiada terkira luas dan dalamnya yang tidak akan pernah bisa diukur, tidak pernah bisa dibalas, tidak akan pernah bisa ditandingi oleh siapapun hingga sampai kapanpun. Rahmat adalah angin surga yang dinikmati setiap mahluk hidup di dunia sebegitu halus dan lembutnya sehingga sedikit sekali manusia yang menyadari bahwa rahmat ini adalah jalan menuju kenikmatan yang jauh lebih besar, nikmat yang hanya dimiliki oleh orang –orang yang mau berfikir dan bersyukur serta mau melaksanakan syariat yang ditentukan oleh penciptanya.

Hadits nabi mengatakan :

إن لله مائة رحمة أنزل منها رحمة واحدة بين الجن والإنس والبهائم والهوام، فيها يتعاطفون، وبها يتراحمون، وبها تعطف الوحش على ولدها، وأخر الله تسعا وتسعين رحمة يرحم بها عباده يوم القيامة

“Sesungguhnya Allah memiliki 100 rahmat. Salah satu di antaranya diturunkannya kepada kaum jin, manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Dengan rahmat itulah mereka saling berbelas kasih dan menyayangi. Dengannya pula binatang liar mengasihi anaknya. Dan Allah mengakhirkan 99 rahmat untuk Dia curahkan kepada hamba-hamba-Nya pada hari kiamat.”(Muttafaq ‘alaih)

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ۚ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالَّذِينَ هُمْ بِآيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ

Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami”. (Al-‘Araf : 156)

Inginkah kita menggapai rahmat Allah ta’ala ?
Jika kita merujuk kepada Al-Quran, maka Allah ta’ala menggunakan kalimat ‘ la’alakum turhamun’ untuk menunjukkan bagaimana kita bisa meraihnya .

Pertama : Taat kepada Allah dan Rasul-Nya

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“ Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (Q.S ali Imran : 132)

Kedua : Mengikuti petunjuk Al-Quran


وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُون

“ Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. “ (Q.S al-an’am : 155)

Ketiga : Mengimani rasul sebagai pemberi peringatan (terbaik)

أَوَعَجِبْتُمْ أَنْ جَاءَكُمْ ذِكْرٌ مِنْ رَبِّكُمْ عَلَىٰ رَجُلٍ مِنْكُمْ لِيُنْذِرَكُمْ وَلِتَتَّقُوا وَلَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan apakah kamu (tidak percaya) dan heran bahwa datang kepada kamu peringatan dari Tuhanmu dengan perantaraan seorang laki-laki dari golonganmu agar dia memberi peringatan kepadamu dan mudah-mudahan kamu bertakwa dan supaya kamu mendapat rahmat?.” (Q.S Al-A’raf : 63)

Keempat : Diam dan memperhatikan bacaan al-Quran


وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (Q.S Al-A’raf : 204)

Kelima : Mendirikan shalat dan menunaikan zakat


وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (Q.S An-Nur : 56)

Keenam : Sering beristigfar (memohon ampun) kepada Allah


قَالَ يَا قَوْمِ لِمَ تَسْتَعْجِلُونَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ ۖ لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“ Dia berkata: “Hai kaumku mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan? Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat”.
(Q.S An-Naml:46)

Ketujuh : Takut akan adzab (siksa) Allah


وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّقُوا مَا بَيْنَ أَيْدِيكُمْ وَمَا خَلْفَكُمْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“ Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Takutlah kamu akan siksa yang di hadapanmu dan siksa yang akan datang supaya kamu mendapat rahmat. “ (Q.S Yasin : 45)

Kedelapan : Selalu memperbaiki hubungan dan menjaga tali persaudaraan antar sesama mukmin


إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“ Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. “ (Q.S Al-Hujurat : 10)
Alangkah ruginya kita jika rahmat Alloh yang turun di atas muka bumi ini tidak menjadikan kita dekat denganNya.

Wallahu a’lam.

Akhukum fillah,
Syaeful Rochman Lc, MA

Belum ada Komentar untuk Arti kata Rahmant dalam Al-Quran

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Arti kata Rahmant dalam Al-Quran

Analisis kata متكئين dalam Al Quran

T 26 April 2020 F A Hanafi Nurdiansyah

Di dalam banyak ayat, Allah Ta’ala sering menyebutkan kondisi para penghuni jannah beserta kenikmatan yang mereka dapatkan. Di antara kondisi yang digambarkan Allah dalam Al-Qur’an tentang penghuni jannah ialah kepuasan mereka dalam menikmati aneka kenikmatan di jannah dengan bersandar. Allah... Selengkapnya

Analisis Bahasa Tentang kata Al-ba’sa dan Wa dharra’ – Kembali kepada Allah Ta’ala Saat Pandemi Corona

T 20 April 2020 F A bandungarabiccenter

Adakah dalil dari Al-Qur’an yang berbicara tentang virus corona yang sekarang mengguncang dunia? Jika ada, apa faidah dari adanya makhluk kecil yang menewaskan ribuan (bahkan puluhan ribu) orang di dunia ini? Apa tujuan dari adanya pandemi yang meneror penduduk bumi... Selengkapnya

Cahaya dan Kegelapan Dalam Al Quran

T 29 April 2020 F A Hanafi Nurdiansyah

Cahaya dalam al-Quran disebut dengan kata (an-nur) النور sedangkan kegelapan disebut dengan kata (adz-dzulumaat)  الظلمات . Perhatikan, ayat-ayat al-Quran berikut ini ! مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِي اسْتَوْقَدَ نَارًا فَلَمَّا أَضَاءَتْ مَا حَوْلَهُ ذَهَبَ اللَّهُ بِنُورِهِمْ وَتَرَكَهُمْ فِي ظُلُمَاتٍ لَا يُبْصِرُونَ Perumpamaan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service Bandung Arabic Center di bawah ini

Telepon
Whatsapp