Beranda » Memahami Bahasa Al-Quran » Analisis kata متكئين dalam Al Quran

Analisis kata متكئين dalam Al Quran

T Diposting oleh pada 26 April 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 224 kali

Di dalam banyak ayat, Allah Ta’ala sering menyebutkan kondisi para penghuni jannah beserta kenikmatan yang mereka dapatkan.

Di antara kondisi yang digambarkan Allah dalam Al-Qur’an tentang penghuni jannah ialah kepuasan mereka dalam menikmati aneka kenikmatan di jannah dengan bersandar.

Allah Ta’ala berfirman,


‏متكئين على فرش بطائنها من إستبرق). (الرحمن: ٥٤)
متكئين على سرر مصفوفة. (الطور: ٢٠)
متكئين فيها على الأرائك. (الكهف : ٣١)
متكئين على رفرف خضر (الرحمن: ٧٦)
متكئين عليها متقابلين. (الواقعة: ١٦)
في ظلال على الأرائك متكئون (يس: ٥٦)

Ayat-ayat di atas menyebutkan bahwa ketika berada di dalam jannah para penghuninya sedang bersandar; di atas permadani yang bagian dalamnya dari sutera tebal; di atas dipan-dipan yang tersusun; di atas dipan-dipan yang indah; di atas bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah; di atas dipan-dipan yang bertakhtakan emas dan permata; di atas dipan-dipan.

Apa maksud dari bersandar ini?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin menjelaskan bahwa bersandarnya penghuni jannah menunjukkan istirahatnya jiwa dan merasakan ketenangan (wal ittika’u yadullu ‘ala rahatin nafsi wa ‘alath thuma’ninah).

Hal ini tentu karena mereka mendapatkan kenikmatan super mewah yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak terdetik dalam sanubari manusia.

Maka, ayat-ayat “bersandarnya penghuni jannah” ini memberikan faidah bahwa jika ingin bersandar penuh kesenangan di jannah kelak, hendaknya kita bersusah-payah, berlelah-letih dan memaksa jiwa-jiwa kita untuk mengerjakan amal shalih.

Karena kepayahan, kelelahan dan keletihan itu akan terbayar lunas ketika kita berada di jannah. Menikmati berbagai kenikmatan dengan bersandar di atas dipan-dipan yang menawan.

Sebagai penutup, ada baiknya kita mendengar nasehat paling berkesan yang disampaikan oleh Syaikh Ath-Thanthawiرحمه الله.

Ketika beliau ditanya tentang hikmah terindah yang pernah dibaca sepanjang hayatnya, beliau menjawab,

“Aku sudah membaca lebih dari 70 tahun. Aku tidak mendapatkan hikmah yang lebih indah-jelita dari yang disampaikan oleh Ibnul Jauzi.

Ibnul Jauzi berkata, “Sungguh kepayahan dalam berketaatan akan sirna, yang tersisa adalah pahalanya. Dan sungguh kenikmatan dalam bermaksiat itu akan lenyap, yang tersisa adalah balasan-hukumannya.”

Selamat menjalankan ibadah shiyam wahai shalihin-shalihat. Mari kita isi bulan mulia ini dengan banyak beramal shalih, hingga kita payah, letih, lelah agar kelak kita bisa bersandar di jannah. Wallahu A’lamu bish shawwab .

Akhukum fillah,
Firman Afifudin Shaleh

Belum ada Komentar untuk Analisis kata متكئين dalam Al Quran

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Analisis kata متكئين dalam Al Quran

Analisis Bahasa Tentang kata Al-ba’sa dan Wa dharra’ – Kembali kepada Allah Ta’ala Saat Pandemi Corona

T 20 April 2020 F A bandungarabiccenter

Adakah dalil dari Al-Qur’an yang berbicara tentang virus corona yang sekarang mengguncang dunia? Jika ada, apa faidah dari adanya makhluk kecil yang menewaskan ribuan (bahkan puluhan ribu) orang di dunia ini? Apa tujuan dari adanya pandemi yang meneror penduduk bumi... Selengkapnya

Cahaya dan Kegelapan Dalam Al Quran

T 29 April 2020 F A Hanafi Nurdiansyah

Cahaya dalam al-Quran disebut dengan kata (an-nur) النور sedangkan kegelapan disebut dengan kata (adz-dzulumaat)  الظلمات . Perhatikan, ayat-ayat al-Quran berikut ini ! مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِي اسْتَوْقَدَ نَارًا فَلَمَّا أَضَاءَتْ مَا حَوْلَهُ ذَهَبَ اللَّهُ بِنُورِهِمْ وَتَرَكَهُمْ فِي ظُلُمَاتٍ لَا يُبْصِرُونَ Perumpamaan... Selengkapnya

Arti kata Rahmant dalam Al-Quran

T 24 April 2020 F A Hanafi Nurdiansyah

بسم الله الرحمن الرحيم Apakah arti kata rahmat dalam al quran? Pada dasarnya rahmat (kasih sayang) itu berasal dari Tuhan Maha Pengasih Penyayang (al-Rahmân al-Rahim). Allah swt adalah sumber rahmat (kasih sayang) yang tersebar di alam semesta ini. Allah swt... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service Bandung Arabic Center di bawah ini

Telepon
Whatsapp